Tips Mengatasi Lampu yang Redup Pada Mobil

Sahabat honda purwokerto, penerangan dalam hal ini lampu adalah salah satu bagian yang amat penting dalam hal keselamatan penumpang dan pengguna mobil. Apalagi jika kita melakukan perjalanan dimalam hari, maka kita membutuhkan penerangan yang bagus agar pandangan kita didalam mobil tetap terjaga dan mampu fokus dalam mengendarai dan mengemudikan mobil. Lantas bagaimana jika penerangan atau lampu mobil kita mengalami masalah seperti redup dan lain sebagainya? Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada hari ini dealer mobil purwokerto terbaik dan terpercaya Honda Istana Carindo akan membagikan tips mengatasi lampu yang redup pada mobil. 

Tips Mengatasi Lampu yang Redup Pada Mobil


Lampu depan mobilmu mulai redup? Atau saat akan dinyalakan anda harus mendorong terlebih dahulu? Jika iya, itu tandanya anda sudah lama tidak mengganti aki mobil dan sudah saatnya anda mengganti aki mobil. Aki mobil dapat dilakukan sendiri dengan cepat dan mudah dengan peralatan yang sederhana. Caranya? Mari simak uraian dibawah ini.

Pertama, pastikan bahwa aki mobil harus diganti. Untuk mengetahuinya anda dapat lakukan hal berikut:
-Bersihkan cairan sulfat yang biasanya berwarna putih disekitar kabel, hal ini dapat memecahkan masalah pada aki mobil. Jangan menyentuh dengan tangan kosong karena dapat menyebabkan korosi pada tangan.
-Pastikan untuk menyalakan mobil terlebih dahulu selama 30 menit untuk mengisi aki mobil.
-Cek alternator pada mobil. Aki normal pada saat mesin dalam keadaan mati umumnya menunjukkan nilai 12,4-12,8 volt dan menunjukkan angka 13,8-14,2 volt  dalam sistem pengisian yang berfungsi.

Kedua, gunakan aki mobil pengganti yang sesuai. Bisa anda tanyakan terlebih dahulu kepada mekanik dibengkel agar sesuai, karena hal ini sangat penting mengingat bahwa aki mobil pada setiap kendaraan memiliki variasi ukuran yang berbeda.

Ketiga, parkirkan mobil ditempat yang datar dan pastikan jauh dari sumber listrik atau api. Pasang rem tangan pada mobil anda, dan gunakan sarung tangan serta kacamata pelindung demi keselamatan. Lepaskan pematik rokok pada mobil dan komponen listrik lainnya pada saat mobil akan melepaskan aki mobil. Kemudian buka kap mobil, tahan dengan penahan kap pada mobil.

Keempat, lepaskan aki mobil lama. Biasanya aki mobil terpasang ditempat yang mudah dijangkau, sepeti bagian bawah bagasi atau dekat as roda. Kemudian identifikasi bagian positif dan negatif. Lepaskan dulu terminal negatif, baru kemudian lepaskan terminal positif, bisa menggunakan kunci inggris. Lalu lepaskan dudukan aki mobil dengan hati-hati karena berat aki mobil bisa mencapai 13-27 kg.

Kelima, pasang aki mobil yang baru. Bersihkan terlebih dahulu dudukan aki mobil dan kabel terminal. Bisa anda gunakan baking soda dan sikat kawat atau meminta bantuan pada montir bengkel. Setelah dibersihkan barulah pasang aki mobil yang baru dengan posisi terminal negatif dan positif pada sisi yang benar. Pasangkan semua baut pada dudukan aki mobil pada tempatnya. Jangan lupa kencangkan terminal positif terlebih dahulu baru kemudian terminal negatif dengan menggunakan kunci inggris. Semprotkan cairan lithium pada terminal untuk mencegah korosi pada terminal aki.

Keenam, buanglah aki lama pada tempat yang seharusnya, atau anda bisa meminta bantuan pada bengkel mobil honda istana carindo.

Mas Abe (Mas Abe)

Akbar Ferdian (Mas Abe) adalah sales resmi Dealer Honda Istana Carindo Purwokerto. Kami siap mencarikan mobil yang Anda inginkan tapi dengan biaya yang Anda siapkan. Kepuasan Anda adalah prioritas kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar