Tips Menghemat BBM


Tips Menghemat BBM

Kenaikan harga BBM terus mendorong pabrikan Mobil untuk mengeluarkan mobil terbaiknya dengan kwalitas yang mumpuni dan juga irit bahan bakar. Salah satu yang sudah diakui memiliki kwalitas bagus dalam hal hemat bahan bakar pastilah Mobil Honda. Mobil honda memang telah terbukti lebih hemat bahan bakar dari pada mobil dari pabrikan lainya, dan jika secara kebetulan anda sedang mencari mobil honda terbaik dan terbaru, maka pastinya hanya ada satu tempat dan satu pilihan yaitu delaer mobil honda purwokerto Honda Istana Carindo.
Sebagai salah satu dealer honda purwokerto, honda istana carindo selalu mencoba menghandirkan mobil honda terbaik dan berkwalitas dengan metode pembayaran dan pembelian yang bisa anda pilih sendiri. Anda bisa membeli mobil honda purwokerto secara cash maupun kredit. Maka tidak salah jika salah satu tempat kredit mobil purwokerto terbaik pastinya hanya di honda istana carindo.
Pada kesempatan kali ini, honda istana carindo akan membagikan sebuah tips mengenai tips menghemat BBM. Tips ini penting bagi anda yang memiliki mobil namun sudah mengalami pemborosan bahan bakar. Maka sebagai salah satu solusinya, anda bisa membaca artikel kali ini.
Bahan bakar merupakan suatu sumber energi bagi kendaraan agar bisa berjalan sebagaimana mestinya. Namun seiring dengan perkembangan zaman, semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang ada juga sangat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat dan menipisnya persediaan bahan bakar. Mahalnya dan semakin meningkatnya harga BBM merupakan suatu dampak yang dapat kita rasakan. Pemakaian bahan bakar yang boros dan harga bahan bakar yang mahal pasti juga akan sangat menguras dompet, terlebih bagi para pengendara yang setiap harinya menggunakan mobil tentunya akan sangat merasakan banyaknya jumlah pengeluaran untuk membeli bahan bakar.
Pada umumnya ada dua hal menjadi dasar penghematan BBM yaitu gaya mengemudi yang hemat BBM serta perawatan mobil secara berkala. Nah, beberapa tips yang untuk menghemat BBM mobil yaitu:
1.      Ketahui rata-rata konsumsi BBM mobil
Banyak sekali pengemudi yang mengabaikan hal semacam ini. Umumnya memang pada mobil modern masa kini sudah dilengkapi dengan informasi konsumsi bahan bakar, akan tetapi hasil perhitungan yang ditampilkan bisa saja tidak akurat. Cara sederhana mengukur tingkat konsumsi BBM yang lebih real adalah dengan isi terlebih dahulu tangki sampai penuh lalu atur trip meter mobil diangka nol, kemudian catat total kilo meter tempuh setiap akan mengisi BBM. Lakukan proses seperti ini 4 atau 5 kali agar perhitungan rata-rata konsumsi BBM lebih akurat.

2.      Cara mengemudi yang hemat BBM
Mengemudilah dengan kecepatan yang wajar. Semakin tinggi kecepatan maka konsumsi bahan bakar semakin meningkat. Mobil yang melaju diatas kecepatan 100km/jam akan mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak karena mendapat tekanan angin yang besar dan tenanga mesin yang dikeluarkan juga besar. Perlu diingat NGEBUT = BOROS.

3.      Lakukan STOP dan GO secara halus
Saat berkendara hindari penginjakan pedal gas dan pedal rem secara mendadak. Sebagai contoh saat berkendara dijalanan yang macet, jaga jarak dengan kendaraan didepan agar bisa mengatur kecepatan mobil dan jangan sampai berhenti karena di rem. Karena untuk mulai berjalan dari posisi berhenti total membutuhkan lebih besar tenaga yang dikeluarkan mesin mobil sehingga konsumsi BBM juga lebih besar.

4.      Metode “Block gear changing”
Mobil dengan transmisi otomatis lebih boros dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Biasanya perpindahan gigi pada saat menggunakan transmisi manual dilakukan secara berurutan mulai dari 1.. 2.. 3.. dan seterusnya. Ketika mengendarai mobil dengan transmisi manual kuncinya adalah untuk memastikan mesin tidak berputar terlalu lambat pada gigi tinggi dan tidak berputar terlalu tinggi pada gigi rendah.
5.      Teliti saat mengisi BBM di SPBU
Pilihlah SPBU yang jujur dan lebih baik lakukan pembelian BBM di pagi hari karena sangat mempengaruhi jumlah bahan bakar yang anda peroleh.

6.      Gunakan BBM dengan oktan yang sesuai dengan anjuran pabrikan
Jika mobil menggunakan mesin kompresi rendah maka cukup gunakan bensin dengan oktan rendah. Bensin dengan oktan tinggi dibutuhkan untuk mesin kompresi tinggi. Sehingga penggunaan oktan yang sesuai dengan anjuran pabrikan sangat membantu kita menghemat BBM dan menjaga mesin mobil.


Mas Abe (Mas Abe)

Akbar Ferdian (Mas Abe) adalah sales resmi Dealer Honda Istana Carindo Purwokerto. Kami siap mencarikan mobil yang Anda inginkan tapi dengan biaya yang Anda siapkan. Kepuasan Anda adalah prioritas kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar