Cara Mengatasi Mobil yang Cepat Panas


Cara Mengatasi Mobil yang Cepat Panas

Selam bahagia sahabat Honda Purwokerto, terima kasih karena telah selalu setia menjadi pengunjung dan konsumen setia Honda Istana Carindo. Sebagai salah satu langkah kami mewujudkan misi menjadi salah satu dealer mobil honda purwokerto terbaik, maka kami akan selalu mencoba menghadirkan konten yang bermanfaat bagi khalayak banyak.
Pada artikel kali ini, dealer honda purwokerto honda istana carindo akan membahas menganai cara mengatasi masalah mobil yang cepat panas. Semoga apa yang akan kami sampaikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan sahabat honda purwokerto semuanya. Simaklah beberapa hal berikut ini tentang cara mengatasi mobil yang cepat panas.

Sangat perlu kita waspadai apabila mesin mobil cepat panas atau overheating karena hal ini merupakan pertanda bahwa kondisi mobil tidak baik. Tentunya bisa berakibat fatal apabila dibiarkan saja. Saat mesin cepat panas maka dalam kondisi dan waktu tertentu mobil bisa mogok secara mendadak, sangat berbahaya apabila mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi.
Overheating sering terjadi pada mobil yang sudah tua, namun tidak menutup kemungkinan hal ini dapat terjadi pada mobil yang baru. Oleh karena itu, kualitas bahan pada sebuah komponen mobil sangat mempengaruhi daya tahan mesin. Beberapa penyebab suhu mobil menjadi cepat panas, diantaranya:
1.     Komponen radiator dan selang
Pastikan radiator tidak mengalami kebocoran ataupun tersumbat, dan komponen yang berkaitan langsung dengan radiator dalam keadaan baik. Jika mobil yang cepat panas disebabkan oleh radiator yang rusak maka sesegera mungkin bawa ke bengkel spesialis radiator. Namun jika kerusakan cukup parah maka sebaiknya ganti dengan radiator yang baru.

2.     Cairan Radiator
Cairan radiator sebaiknya menggunakan air radiator buatan pabrikan, atau jika menggunakan air biasa maka gunakanlah air yang bebas dari unsur logam atau dengan air sulingan ac rumah. Air biasa atau air sumur yang mengandung logam dan unsur lain dapat menimbulkan adanya kerak pada sirip dan elemen radiator. Namun jika anda sudah terbiasa menggunakan air biasa, sebaiknya selama 5 minggu air pendingin radiatornya diganti dan lakukan pembersihan secara berkala. Dan apabila anda sudah terbiasa menggunakan air biasa dalam jangka waktu yang lama kemudian ingin menggantinya dengan air radiator pabrikan maka perlu diwaspadai karena kerak yang ada pada elemen radiator terkikis oleh sifat kimia dari air radiator pabrikan tersebut, sehingga dapat mengakibatkan selang dan saluran radiator tersumbat.

3.     Kualitas oli
Oli yang berkualitas rendah dan berkurang dari bak mesin dapat pula menjadi penyebab terjadinya mesin cepat panas. Oli yang tidak berkualitas juga tidak tahan panas, sehingga kinerja mesin tidak optimal dan akan cepat mengalami kerusakan. Pastikan pada bagian bak mesin, sudu-sudut mesin dan perpak tidak ada rembesan oli atau oli tidak mengalami kebocoran.

4.     Gangguan pada mesin
Beberapa komponen mesin lainnya juga dapat mempengaruhi timbulnya mesin yang cepat panas.

5.     Kipas trouble
Hal lain yang menjadi penyebab mesin cepat panas yaitu kipas radiator tidak berjalan normal dan switching otomatis juga tidak normal. Atau mungkin juga terjadi kipas pendingin berputar namun switching otomatis terlambat menyalurkan sinyal, atau kipas pendingin berputar sangat pelan sehingga coolant tidak maksimal.

6.     Thermostat

Thermostat berkerja sebagai alat pengukur suhu pada mesin dan air pendingin. Apabila thermostat mengalami kerusakan maka akan menghasilkan perhitungan temperatur yang tidak tepat.

Mas Abe (Mas Abe)

Akbar Ferdian (Mas Abe) adalah sales resmi Dealer Honda Istana Carindo Purwokerto. Kami siap mencarikan mobil yang Anda inginkan tapi dengan biaya yang Anda siapkan. Kepuasan Anda adalah prioritas kami.

1 komentar:

  1. Mau tanya mas mobil saya Honda Accord prestage thn 86.
    Dan kemarin saya baru ganti paking tutup klep
    Dan pasang belt ac mas
    Tapi setelah di ganti itu semua malah sekarang mobil saya cepat panas radiatornya mas.
    Hanya berjalan sekitar 5km saja sudah setengah naik amper radiatornya.
    Kalau boleh tau kira kira apakah masalahnya dtg karna pergantian tu ya mas?
    Trimakasih

    BalasHapus