Tips Merawat AC Mobil di Honda Istana Carindo




Tips Merawat AC Mobil di Honda Istana Carindo


Salam semangat sahabat Honda Purwokerto, apakabar kalian hari ini? Kami selaku Dealer Mobil Purwokerto berharap, semoga sahabat semuanya dalam keadaan sehat dan tidak dalam kondisi yang kekurangan satu hal pun. Pada artikel kali ini, kita akan membagikan sebuah tips yang sangat bermanfaat yaitu mengenai Tips Merawat AC mobil. Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa ac merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan suatu kondisi didalam mobil. Jika AC mobil berfungsi sebagaimana mestinya, maka pastilah kondisi tersebut akan sangat membuat mobil terasa nyaman.
Saat musim kemarau tiba, hari menjadi terasa sangat panas, berdebu dan gersang. Namun pernahkah anda mengendarai mobil disaat yang panas dan ternyata AC mobil tidak dingin? Menyebalkan bukan? Ketika akan membuka jendela, diluar mobil polusi juga sangat banyak. Alhasil keringat bercucuran dan perjalanan jadi semakin melelahkan.
Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab AC mobil tidak dingin, misalkan saja komponen yang memang sudah rusak atau hanya sekedar dibersihkan namun dibiarkan begitu saja. Beberapa hal lainnya yaitu:
·      *Freon habis atau kurang
Freon tidak akan berkurang atau terkuras habis selama tidak ada kebocoran yang terjadi pada sistem AC mobil. Apabila terjadi kebocoran pada freon biasanya terjadi pada sambungan pipa yang sudah rentan atau kerusakan pada bagian saft maupun relief valve pada kompresor. Selain itu juga bisa karena adanya lubang pada selang atau pipa.
·      *Drivebelt/Fanbelt putus
Fanbelt berperan penting untuk menyalurkan putaran mesin pada kompresor. Apabila fanbelt terputus maka kompresor tidak berputar sehingga sirkulasi dalam ruangan kabin terasa panas.
·      *Kondensor kotor
Hindari terlalu banyak dan terlalu lama kotoran yang menempel pada kondensor. Jika kondensor kotor apalagi sampai berkarat, maka fungsinya untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi menjadi tidak maksimal sehingga AC mobil menjadi tidak dingin.
·      *Motor extrafan lemah atau mati
Komponen lain yang perlu dicek apabila AC tidak dingin yaitu motor extrafan. Extrafan yang rusak akan menimbulkan penurunan suhu dalam kondenser sehingga terasa hawa panas dalam kabin. Namun jika extrafan masih berputar tapi tidak cepat maka segera ganti dengan extrafan yang baru.
·      *Magnetic Clutch rusak
Kerusakan yang terjadi pada magnetic clutch dapat menyebabkan kompresor tidak berputar mengikuti putaran mesin.
·      *Kompresor aus
Tekanan AC yang tidak normal merupakan salah satu tanda bahwa kondisi kompresor sudah aus. Alangkah lebih baiknya sesegera mungkin ganti kompresor AC mobil anda.
·      *Oli kompresor yang berlebih
Volume didalam kompresor sudah ada takarannya masing-masing, sudah disesuaikan dan tidak boleh berubah. Jika oli kompresor berlebih maka ruang kerja freon juga berkurang, sehingga apabila dipaksakan maka AC mobil bisa mengalami overheat dan kabin menjadi terasa panas.
·      *Evaporator yang tersumbat dan kotor
Debu dan kotoran pada evaporator adalah hasil hisapan blower yang terhubung langsung dengan evaporator. Udara yang dihembuskan blower akan terhambat apabila ada debu dan kotoran yang menempel, sehingga sirkulasi AC tidak lancar. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu kebersihan filter AC. Filter AC yang bersih dan terbebas dari debu dan kotoran akan memperlancar aliran udara.
·      *Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat
Ciri-ciri tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi yaitu adanya tetesan air dibawah dashboard atau dibagian atas dashboard berembun ketika AC dinyalakan.
·      *Thermostart bermasalah
Thermostart berfungsi untuk membaca temperatur suhu kemudian melanjutkan data yang diperoleh kepada amplifier. Kemudian pada amplifier akan diatur dan ditentukan waktu cut off dari kompresor. Namun jika thermostart tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka sistem AC menjadi terganggu dan suhu AC mobil menjadi tidak dingin.
Demikianlah beberapa hal yang bisa delaer mobil purwokerto bagikan. Semoga senantiasa memberikan banyak manfaat dan menambah wawasan bagi para pemiliki mobil pada umumnya dan sahabat honda purwokerto pada khususnya. 

Akbar Ferdian (Mas Abe)

Akbar Ferdian (Mas Abe) adalah sales resmi Dealer Honda Istana Carindo Purwokerto. Kami siap mencarikan mobil yang Anda inginkan tapi dengan biaya yang Anda siapkan. Kepuasan Anda adalah prioritas kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar